Gigiku Hilang Dua



Setelah sekian lama, akhirnya gue sempet update blog :')
Seperti janji sebelumnya, hari ini gue bukan mau posting yang sedih-sedih or galau, tapi mau cerita pengalaman pahit bersama para peri gigi. Yha.. Tulisan ini dibuat setelah gue merasakan sakitnya kehilangan 2 gigi geraham bawah (first molar) kanan dan kiri. KOK BISA?

Pertama kali
Kejadiannya sekitar tahun 2016. Suatu hari gue lagi asyik makan baso, waktu lagi ngunyah, tiba-tiba gigi geraham bawah sebelah kiri PATAHHH!! Sebenarnya gigi gue yang satu itu memang udah lama rusak dan berlubang, tapi gue diemin aja karena nggak terlalu menganggu. Tapi semenjak kejadian patah ini cukup mengganggu karena patahannya yang runcing itu terus nusuk-nusuk lidah sampe berdarah :( Akirnya gue putuskan buat ke dokter gigi deket rumah. Maksudnya cuma buat minta diasah supaya ga ngeganggu tapi kata dokternya LEBIH BAIK DICABUT. Alamak.... Menurut cerita yang udah gue denger-denger dari orang, cabut gigi geraham itu sakitnya khan maeenn.. Makanya gue cuma minta di kikir aja, ga usah dicabut :(
Yasudah, gue pasrah saja. Demi kebaikan dan kenyamanan bersama, gue rela dicabut nyawa giginya.

Lalu mbak perawat mulai meyiapkan peralatan sedangkan si dokter memeriksa mulutku. Dokter bilang ada abses di gusi bagian gigi yang patah ini, jadi dia kempesin dulu absesnya, semacam kayak dia sedot gitu isinya, setelah itu baru dia injeksi biusnya. Setelah injeksi dan mulai kebal, dokter mulai eksekusi. Mulanya dia congkel dan goyang-goyangin tu gigi pake tang. Ampun nyerinya luar biasa. Gue spontan ngejerit dong, dan dokternya ikutan kaget ._.
Lalu si dokter nyerah. Dia bilang gabisa kalo masih nyeri begini, takutnya jadi infeksi karena absesnya. Lalu dia ngasih beberapa obat buat diminum sampe habis buat ngatasin absesnya, setelah obatnya habis, dia minta gue dateng lagi.

Tapi kenyataannyaaaaaa????

Setelah gue balik lagi kesana, dokternya masih ga bisa cabut gigi gue dong. Sampai 5x gue bolak balik ke dokter yang sama dan cuma dapet obat. Dalem hati bilang ngabis-abisin duit aja. Dokternya aja nyerah, ya gue ikutan nyerah. Tapi enggak dengan nyokab gue. Malah dia yang gemes sama kasus gigi gue ini. Dia nyaranin gue buat cari dokter gigi lain.

Gue dateng lagi ke dokter gigi yang beda. Dokternya cowok. Dan ganteng. Hm.
Duduk di kursi eksekusi gue cuma berdoa dan berharap semoga penderitaan ini cepat berakhir dan gue ga harus buang-buang duit lagi. HAHAHAHAHA. Seperti yang lalu, si dokter mulai injeksi bius ke gusi sekitar gigi gue. Dia pun bilang kalo ada abses di gusinya, tapi sudah kempes. Setelah bius bekerja, si dokter beraksi. Sekali lagi, gue cuma bisa merem, berdoa, dan pasrah.
Tiba-tiba si dokter bilang "udah mbak..". Gue buka mata, melotot ga percaya. Si dokter nunjukin gigi yang berhasil dia cabut. Gue bahagia tiada tara, gabisa berhenti cengar cengir sambil gigit kapas .

AKHIRNYA WOOOOYYY.... TERIMAKASIH DOKTER GANTENG..........

Setelah itu dia ngasih obat dan beberapa kapas ganti buat nyumbat pendarahannya. Lalu gue pulang kerumah dengan bahagianya. But, kebahagiaan itu ga bertahan lama...... cause the pain comes out :(
Nyeri banget sampe gabisa tidur. Meskipun gue udah minum obat, nyerinya tetep kerasa. Gue nangis histeris waktu itu :') Tapi besoknya udah ga berasa nyeri samasekali. Cuma kerasa agak aneh di lidah karena ada space di antara gigi.

Kedua kali
Nah, yang kedua kalinya baru aja gue alami. Lebih tepatnya tanggal 3 Agustus yang lalu. Kali ini yang di cabut gigi geraham bawah sebelah kanan, first molar juga. Gigi yang ini mahkotanya berlubang di tengah sampai muncul polip (daging tumbuh). Dokter bilang bisa sampe ada polipnya karena sudah lama berlubang tapi ga langsung dibersihin dan ditambal. Hm.. Memang bener sih, selama ini gue agak kurang peduli sama kesehatan gigi. Karena gue pikir selama itu ga ngeganggu kegiatan gue sehari-hari, ya, biarin aja lah.  Ternyata ga sesepele itu :(

Buat yang kali ini gue dateng ke tempat praktik drg. Linda Kisman. Disana gue ga ditangani sama drg. Linda nya sendiri, tapi sama adik kelasnya, drg. Kiki.

Pertama, drg. Kiki ngasih antibiotik, antiinflamasi & analgesik buat diminum. Tujuannya biar gusinya ga bengkak, katanya. 

Tiga hari kemudian setelah obatnya habis, gue dateng lagi kesana. Ternyata tetep bengkak dan belum bisa dicabut. Tapi kunjungan kali ini si dokter ngegunting polipnya. Lagi-lagi dia ngasih obat antiinflamasi & analgesik. Buat ngurangin bengkaknya.

Tiga hari kemudian obatnya habis, gue dateng lagi kesana. Lalu gue ngebatin semoga kali ini bisa langsung dicabut biar gue gaperlu bolak-balik lagi. Yaiyalah bokk.. Waktu cabut gigi pertama kali sampe 7x ke dokter baru bisa kecabut. Ngabis-ngabisin duit kan :(

Gue duduk di kursi eksekusi. Udah mulai ngebayangin sakitnya setelah dicabut nanti. Si dokter periksa kondisi gigi gue yang mau dicabut. Dia bilang akarnya masih kuat banget. Duh. Ngeliat muka gue yang mulai pucet, si dokter bilang "kamu udah siap belum? Kalau belum siap ya jangan cabut sekarang". Saya udah siap banget sekarang dok, ga mau mesti harus bolak-balik lagi nanti -___-

Sambil nyiapin alat, si dokter ngajak gue ngobrol ngalor ngidul buat ngedistraksi rasa takut gue. Gue pun curhat kalo sebelumnya udah pernah cabut gigi graham. Lalu dengan santainya dia bilang "nggak sakit kan? Kan udah dibius". IYA SIH DOK. PAS DI CABUT GA SAKIT. CUMA 30 MENIT KEMUDIAN NYERI AJA KOQQ. Alias, tega bgt sih dok kamu janjiin aku janji palsu -_-

Setelah dibius dan mulai kebas, si dokter mulai congkel-congkel gigi gue yang masih aja kerasa sakitnya. Gue berulang kali ngejerit tapi si dokter tetep lempeng aja nyongkel gigi guaa :') Dia cuma bilang, "Kamu tuh harus rileks jangan tegang-tegang. Kalo tegang jadi makin sakit", "Kamu harus percaya sama saya kalau saya bisa cabut gigi kamu"

And it works. Mungkin karena trauma masa lalu sampe harus 6x ke dokter gigi yang bikin gue jadi ga percaya sama dokter manapun buat cabut gigi gue. Tapi ngeliat kegigihannya si drg.Kiki buat nyabut gigi gue, gue jadi terenyuh.. Gue melemaskan badan, mencoba tenang meskipun nyeri nya luar binasa. Lalu diam-diam dalam hati menyemangati ayo dok, kamu pasti bisa.

Sampe dipuncak pas gue udah ga tahan lagi sakitnya gue ngejerit sejadi-jadinya. Dokter Kiki langsung buru-buru nyumpelin kasa dan nyuruh gue gigit. Lalu dia ketawa-ketawa. Kenapa? 

"Udah selesai iihh.. kamu jangan nangis yaaa....". 

Agak ga percaya gue bilang, "Ah bohong, coba mau liat giginya dok". Lalu dia nunjukin bangkainya gigi gue. 

"Tadi tuh lama karena saya perlu belah gigi kamu biar gampang dicabutnya. Susah.. Karena apa? Gigi geraham biarpun mahkotanya keliatan pendek tapi akarnya panjang. Tuh liat.... Dan gigi kamu itu biarpun udah rusak tapi akarnya masih tetep kuat"

Huhuhu... gigiku.... nyusahin banget kamu.

Lalu dokter ngasih antibiotik, antiinflamasi dan beberapa analgetik. Sampai dirumah, gue buru-buru minum tiga-tiganya dan langsung bersiap tidur sebelum kerasa nyeri.
Sialnya, gue malah gabisa tidur. Setiap tidur miring gue harus ngelap liur gue yang bercampur darah karena efek bius yang belum hilang bikin bibir gue agak susah dikontrol. Jadi parno sendiri pokoknya. Gue pun berulang kali gonta ganti kapas buat nyumbat pendarahannya. Melek sampe jam 3 pagi, gue belum ngerasain yang namanya nyeri. Cuma pendarahannya emang ga berhenti-berhenti. Besok paginya, gue udah bisa makan seperti biasa :D


Jadi, sekian cerita gue tentang sakitnya kehilangan dua gigi dewasa. Ini jadi pelajaran yang berharga banget buat gue. Soalnyaaa... Kita ga akan tau yang terjadi dimulut kita itu bakal nimbulin masalah lainnya atau ngga kalo ga rajin-rajin di periksa ke dokter gigi. Dengan kita rutin cek ke dokter gigi, kita bisa langsung tau dan bisa langsung diatasi juga sama dokternya, ga nunggu harus parah dulu.



Next time gue mau cerita pengalaman gue pasang behel gigi. Ditunggu yaaa!

Komentar

  1. ditunggu cerita giginya hilang 10 ya kak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaudah ditunggu vlognya aja deh ...
      cerita aja kurang asik :(((
      sisipkan jg fotomu ya kak :)

      Hapus
    2. maksudnya foto gigiku yang ompong kah? :(

      Hapus

Posting Komentar